KABUPATEN BEKASI (CB) – Wakil ketua Pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat daerah (DPRD) Kabupaten Bekasi Novy Yasin meminta agar pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi agar serius dalam mendorong Industri Kecil Menengah (IKM) agar bisa bersaing di pasar global.

Karena menurutnya Industri Kecil Menengah (IKM) yang berada di kabupaten bekasi memiliki peran strategis dallam memajukan perekonomian suatu daerah maupun nasional dan akan bertambahnya wirausahawan di daerahnya serta mampu menyerap banyak tenaga kerja.

“IKM memiliki peran yang strategis dalam perekonomian nasional. Hal tersebut dapat dilihat dari jumlah usaha IKM di Kabupaten Bekasi terus berkembang. Peran Pemerintah sangat dibutuhkan dalam melakukan penyerapan tenaga kerja IKM untuk lebih ditingkatkan, supaya mampu mengisi wilayah pasar yang luas, dan menjadi sumber pendapatan bagi masyarakat luas serta memiliki ketahanan terhadap berbagai krisis yang terjadi” Kata Wakil Ketua Pimpinan III DPRD Kabupaten Bekasi Novy Yasin. Selasa (14/02/2023).

Dengan karakteristik tersebut, dia menuturkan bahwa tumbuh dan berkembangnya IKM akan memberikan andil yang sangat besar dalam mewujudkan ekonomi masyarakat yang tangguh, dan maju yang berciri kerakyatan serta akan mendorong produktivitas untuk mengakselerasikan pertumbuhan ekonomi di kabupaten Bekasi.

“ Sampai Sekarang masih ada paelaku IKM masih sulit Terkait pemasaran hasil produksi,maka pemerintah mestinya bisa memfasilitasi seperti penguatan kelembagaan dan memberikan fasilitas agar pelaku IKM mendapatkan bantuan informasi pasar, promosi, dan pemasaran atau dibentuknya unit IKM” Terangnya.

Selain itu dia juga meminta agar pemerintah daerah Kabupaten Bekasi agar berkomitmen untuk mendukung dan membantu industri kecil menengah agar tumbuhnya kekuatan bersama sehingga terbentuk kekuatan kolektif untuk menciptakan skala ekonomis melalui standardisasi dan pemasaran bersama agar dapat bersaing di pasar global.

“Apalagi sekarang sudah sistem digital, pemerintah kabupaten bekasi biasa membantu pemasaran dengan sistem, contohnya dengan membuat membuat suatus sistem atau program memang yang dikhususkan untuk pelaku IKM” Ucapnya.

Dia berharap para pelaku IKM dapat mempertahankan semangat juang dalam berwirausaha agar terus memberikan dampak positif khusunya bagi masyarakat Kabupaten Bekasi dan dapat membantu pergerakan roda perekonomian nasional.

“ Karena IKM terbukti sebagai sektor yang tahan banting terhadap krisis ekonomi, bahkan menjadi tulang punggung perekonomian nasional” Tutupnya.(Boe/ADV)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *