Reklamasi Pantai Makmur Tak Berijin, Pemkab dan Pemprov Minta Dihentikan

KABUPATEN BEKASI (CB) – Menanggapi penolakan pembangunan reklamasi oleh PT. Tegar Primajaya di Pantai Makmur Kecamatan Tarumajaya, Kabupaten Bekasi, Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Barat menegaskan bahwa belum ada izin untuk reklamasi. Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Barat, Ir. Hermansyah, M. Si, telah mengeluarkan surat penghentian kegiatan reklamasi PT. Tegar Primajaya dalam suratnya bernomor : 5830/05.04/PSDKP. “Kami sampaikan beberapa hal terkait perizinan dan kegiatan reklamasi PT. Tegar Primajaya di Pantai Makmur Kecamatan Tarumajaya Kabupaten Bekasi saat ini, sebagai berikut. Satu, hasil rapat kami bersama Direksi PT. Tegar Primajaya pada Hari Rabu tanggal 4 Agustus 2021 mengenai perizinan perusahaan, menghasilkan temuan bahwa PT. Tegar Primajaya TIDAK MEMILIKI IZIN Pekerjaan Reklamasi,” tegasnya melalui surat yang diterima Redaksi ChannelBerita.com, Senin (13/09/2021).

Lanjutnya, kedua, masyarakat dan nelayan lokal melakukan demo dan protes terhadap kegiatan reklamasi tersebut. Ketiga, kegiatan reklamasi berada dalam DLKr dan DLKp Marunda Center. Keempat, mengacu pada Peraturan Pemerintah Nomor 5 tahun 2021 tentang penyelenggaraan perizinan berbasis resiko. “Maka kami minta saudara untuk MENGHENTIKAN KEGIATAN REKLAMASI tersebut hingga adanya izin kegiatan reklamasi yang disetujui oleh Menteri Perhubungan Republik Indonesia,” terangnya.

Sedangkan Penjabat (Pj) Bupati Bekasi, Dani Ramdan, akan memperdalam duduk persoalannya. “Saya masih memperdalam duduk persoalannya, termasuk konfirmasi ke dinas/instansi terkait di tingkat Provinsi, karena ada kebijakan-kebijakan yang merupakan kewenangan Pemerintah Provinsi.Jika informasi datanya sudah dirasa cukup, saya akan sampaikan rencana penanganannya,” tegasnya. (Boe)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *